Inilah Tata Cara Memakai Masker Yang Benar Serta Mudah Dipahami

Advertisement

Cara Memakai Masker Yang Benar – Apakah anda tahu dengan benda yang satu ini?, yah benar, masker merupakan benda penutup mulut dan hidung. Fungsi utama masker itu sendiri untuk mencegah segala mikroorganisme dan debu masuk ke dalam tubuh. Untuk itu anda harus tahu betapa pentingnya masker demi kesehatan anda. Sayangnya di kehidupan masyarakat sering kali masih salah untuk cara pemakaian masker serta fungsi masker itu sendiri. Memang ada dua jenis masker yang digunakan oleh masyarakat, yakni masker bedah dan masker pernafasan.

Advertisement

Namun kali ini kami akan bahas berupa sebuah info yang masih menjadi bahan perbincangan di masyarakat kita. Termasuk juga dari faktor cara memakai masker yang benar bagi anda. Kabar datang saat terjadinya kebakaran hutan di daerah Kalimantan dan Sumatra, kemudian beredar informasi yang berisikan cara penggunaan masker. Apalagi masker sebagai alat pelindung pernafasan sangat dibutuhkan sekali. Namun ada sebuah rumor yang beredar di sosial media yang memperlihatkan dua gambar masker yang satu warna biru di bangian luar dan yang putih di bagian luar juga. Jelas dari hal tersebut menjadi perbincangan yang cukup serius. Di tambah lagi pada bagian bawah gambar terdapat tulisan Bahasa inggris yang mengatakan bahwa foto tersebut berasal dari sumber yang terpercaya.

Cara Memakai Masker Yang Benar Untuk Para Wanita

Cara Memakai Masker Yang Benar

Berdasarkan dari gambar tersebut, sebenarnya cara memakai masker ketika seseorang masih sehat, yakni sisi warna putih di hadapkan ke luar. Hal itu karena di bagian putih tersebut merupakan bagian yang bekerja untuk menyaring mikroorganisme serta menghalangi debu yang akan masuk. Sedangkan untuk orang yang sakit bagian putihlah yang di hadapkan ke dalam supaya virus tidak menyebar keluar. Setelah kami telusuri dari asal manakah sumber gambar tersebut dan kami menemukan bahwa gambar tersebut berasal dari produsen masker penutup hidung untuk bedah yang biasa di jual lewat online. Pada beberapa website itu tidak di singgung – singgung sama sekali mengenai penggunaan masker terbalik. Tapi kenapa terdapat gambar masker berwarna putih ?. Nah ternyata produsen tersebut memang memproduksi dua jenis masker, yaitu berwarna putih dan hijau. Berarti masker yang berwarna putih bukanlah masker hijau yang di balik, tentu hal dari gambar yang beredar tersebut tidaklah benar. Dari artikel cara memakai masker yang benar akan di jelaskan cara penggunaan masker yang benar.

Cara memakai masker yang benar adalah suatu tahap yang baik agar kita tidak terkena penyakit. Seperti yang dijelaskan oleh blogger Purnawan Kristanto jika yang sebenarya ada dua jenis masker di kalangan masyarakat. Dua jenis masker tersebut yakni masker bedah dan pernafasan. Namun yang sering digunakan oleh masyarakat adalah masker bedah yang sering dipakai oleh tim medis rumah sakit. Tujuan memakai masker ini adalah supaya pasien terlindungi dari segala bakteri dan virus saat melakukan operasi.

Advertisement

Advertisement

Cara Memakai Masker Yang Benar 1

Namun akan kami jelaskan juga tentang lapisan yang ada di dalam masker, terdapat tiga lapisan di dalam masker:

  1. Lapisan yang pertama di bagian dalam berwarna putih. Merupakan lapisan yang sangat aman karena bersentuhan langsung dengan kulit wajah.
  2. Lapisan tengah merupakan bagian filter statis yang terbuat dari bahan disebut spunbond non woven. Berfungsi untuk menghalangi apabila air liur yang mengandung bakteri menyebar contahnya, batuk dan bersin.
  3. Lapisan paling luar ini adalah material khusus untuk mencegah masuknya mikropartikel.

Setelah anda tahu susunan akan masker tersebut, jadi anda tidak akan lagi menggunakan masker terbalik. Karena dari beberapa situasi bencana alam seperti, turunnya abu vulkanik dank abut asap masker bedah sangat dianjurkan untuk anda pakai. Alasan anda harus memakai masker karena supaya air, debu, dan udara masih dapat masuk melalui pori – pori. Akan tetapi masker ini harus diganti setiap waktu 4 jam sekali, hal ini dilakukan agar uap air dari pernafasan tidak merusak pori – pori dari masker itu sendiri. Jelas dari artikel cara memakai masker yang benar anda jadi lebih tahu akan cara – caranya, kan?.

Nah pada artikel ini juga menunjukkan masker apakah yang tepat untuk mencegah gangguan pernafasan?. Kami telah menemukan jika masker yang tepat untuk mencegah pernafasan adalah masker N-95 atau N-100. Masker ini memakai material bahan mirip stereofoam, terdapat sungkup yang dapat menyaring udara hingga 95%, dan juga tebal. Masker ini pun juga memiliki kawat yang dapat ditekan di area atas hidung. Sehingga bisa memperkecil celah udara. Sayangnya masker ini hanya dapat dipakai sekali saja setelah itu di buang, akan tetapi masker ini dapat bertahan 2 sampai 3 hari. Namun harga yang dibanderol untuk membeli masker ini cukup mahal yakni sekitar 100 hingga 200 ribu rupiah, apalagi masyarakat juga kurang suka karena saat dipakai terasa pengap.

Masker N95

Cara memakai masker yang benar dapat anda pelajari dari arah lipatan masker bedah. Namun arah lipatan tersebut bukanlah tanpa maksud, di saat posisi hijau di luar arah lipatannya ke bawah sehingga tidak membentuk sebagai tempat menampung debu. Tapi jika masker di balik bagian berwarna putih di luar dan kawat di bagian atas maka arah lipatannya ikut terbalik. Nah jadi bagian kantongnya akan mengarah ke arah atas, hal tersebut justru akan menampung debu. Agar tidak membentuk kantong, maka di bagian kawat di posisi bawah. Nah itu artinya bagian hidung tidak tertutup dengan rapat.

Setelah anda tahu cara memakai masker yang benar maka anda jadi tidak salah paham lagi mengenai penggunaan masker yang baik. hal itu bertujuan agar anda tidak salah memakai masker dan jauh dari berbagai penyakit yang menular. Karena itu kami sarankan anda untuk menggunakan masker ketika keluar rumah agar anda terhindar dari penyakit dan debu. Selain itu juga akan menjaga kesehatan anda sebagai wanita yang cantik juga selain cantik di luar dalam nya juga harus cantik. Sekian dari kami semoga info yang kami bagikan dapat bermanfaat.

 

Advertisement