Mengenali Apa Saja Jenis Jerawat Dan Cara Mengtasinya

Advertisement

Jenis Jerawat – Bagi setiap manusia memiliki masalah pada kulit mungkin sudah hal biasa di alami pada setiap orang, seperti kulit kering, kasar atau pun yang sering di alami yaitu jerawat. Jerawat memang selalu membuat penderitanya mearasakan kurang nyaman, terlebih jika jenis jerawat tersebut tergolong dalam kategori yang susah untuk di hilangkan. Banyak dari penderita jenis jerawat yang beragam nama sering kali kurang percaya diri untuk tampil pada muka umum, sebab jenis jerawat akan membuat siapa saja merasakan kurang maksimal dalam penampilan. Meskipun sekarang ini sudah ada alat make up agar dapat mengurangi penampakan pada jerawat itu sendiri, tetapi tidak akan dapat mengatasi atau menghilangkan jerawat pada kulit wajah.

Advertisement

Mungkin bagi orang menganggap bahwa semua jenis jerawat itu sama, tetapi ahli dokter berkata kalau jenis jerawat itu memiliki beragam bentuk dan sebutanya. Untuk anda yang sedang mengalami masalah kulit berjerawat harus memperhatikan jerawat seperti apa yang ada pada kulit wajah anda, memang ada beberapa macam jerawat yang bisa di sebutkan di sini contohnya jerawat papula, jerawat pustula, jerawat nodul, jerawat juvenile. Dari berbagai macam jerawat ini memiliki bentuk yang berbeda – beda serta cara mengatasinya pun tidak sama dengan jerawat biasa, terlebih jika jerawat tersebut sudah dalam kategori parah tentu harus dengan penanganan yang hati – hati agar jerawat tidak dapat menyebar pada seluruh bagian wajah.

Tidak semua obat atau langkah pengobatan dapat menyembuhkan jerawat, apa lagi pada jaman modern seperti sekarang ini sudah banyak di temukan alat – alat atau sabun muka untuk jerawat sangat banyak mengandung bahan kimia. Notabenya jika jerawat terkena bahan kimia tentu akan membuat dampak buruk bagi penderitanya, terlebih penggunaanya tidak sesuai dosis yang di tentukan sudah pasti jenis jerawat yang anda derita akan semakin parah. Kebanyakan orang tidak mengetahui kalau pemakaian produk yang mengandung bahan kimia cukup berbahaya untuk kulit, karena akan mengakibatkan penyebaran virus atau infeksi. Maka dari itu lebih baik kenali dulu masalahnya baru memikirkan penanganya.

Mengenali Jenis Jerawat

Jenis Jerawat

Mungkin jenis jerawat yang masuk dalam kategori ringan hanya komedo, ya komedo memang tidak terlihat nampak seperti jerawat – jerawat lainya yang sangat terlihat jelas di permukaan. Sebab komedo hanya terletak pada hidung dan tidak dalam ukuran besar, mengatasi komedo juga tergolong mudah karena dengan cara memencet dari bawah ke atas akan dapat mengeluarkan komedo. Memang untuk sebuah masalah seperti jerawat sering kali membuat penderitanya kebingungan untuk mencari cara mengatasinya, sebab jika salah sedikit dalam pengobatan akan mengakibatkan fatal pada kulit wajah. Untuk lebih tahu dan mengenali berbagai macam jenis jerawat, bisa and abaca pada penjelasan berikut ini :

Advertisement

1.Jerawat Biasa

Jerawat Biasa

Advertisement

Mungkin dari sekian banyak orang sudah pernah mengalami masalah jerawat seperti ini, memiliki bentuk yang kecil serta berwarna putih sedikit merah adalah termasuk dalam jenis jerawat biasa. Timbulnya jerawat seperti ini adalah di sebabkan oleh terinfeksi bakteri prpionbacterium acne serta pori – pori yang tersumbat. Yang perlu anda perhatikan yaitu jika jerawat seperti ini tidak cepat di atasi, bakteri yang bersarang pada kulit akan menimbulkan iritasi pada bagian kulit wajah.

2.Komedo

Komedo

Timbulnya komedo sering kali di sebabkan oleh skresi kelenjar minya berlebihan dan sel kulit yang mati, ada dua macam komedo yaitu komedo terbuka dan tertutup. Kedua jenis jerawat ini memiliki perbedaan di antara lain komedo terbuka lebih terlihat jelas akan pori – pori yang terbuka, sedangkan komedo tertutup terlihat hanya benjolan yang memiliki warna putih.

3.Jerawat Rosacea

Jerawat Rosacea

Pada umumnya penderita jerawat adalah saat menginjak masa remaja atau pun saat pubertas, namun untuk jenis jerawat ini sering terjadi pada orang yang menginjak umur 30 s/d 40 tahun. Ciri – ciri dari jerawat rosacea yaitu pada awal terlihat hanya warna merah yang menimbulkan peradangan sehingga terlihat bersisik pada bagian lipatan hidung.

4.Jerawat Juvenil

Jerawat Juvenil

Salah satu di antara jenis jerawat yang lain saat timbul pada usia remaja atau pubertas adalah jerawat juvenile ini, penyebab utama dari jerawat ini yaitu belum stabilnya hormonal saat memproduksi sebum pada usia 15 sampai dengan 20 tahun. Jerawat juvenile ini tergolong dalam jenis jerawat yang tidak terlalu berbahaya tetapi harus cepat di atasi juga.

5.Jerawat Batu

Jerawat Batu

Masalah jerawat yang paling susah untuk di hilangkan adalah sala satunya jenis jerawat batu ini, memiliki bentuk yang sedkit besar dari jerawat – jerawat biasanya dan dengan tekstur yang sedikit keras akan menimbulkan peradangan jika tidak di atasi secara cepat dan tepat. Penyebab dari timbulnya jerawat batu adalah pertumbuhan sel – sel kulit tidak normal dan terlalu banyak mengandung minyak kelenjar.

Beberapa macam jenis jerawat yang sudah di jelaskan di atas mungkin dapat memberikan anda pelejaran bahwa jerawat memiliki banyak tipe serta beragam macam jenisnya. Untuk para penderita jerawat hal paling utama yang harus di perhatikan adalah jangan terlalu banyak memakai produk berbahan kimi jika tidak ingin masalah pada kulit wajah anda semakin menyebar, lebih baik konsultasi dengan orang yang ahli di bidangnya agar dapat mengatasi secara tepat. Mungkin penjelasan tentang jenis jerawat cukup sampai di sini, semoga apa yang kami berikan bisa bermanfaat untuk anda semuanya.

Advertisement