Mengenali Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mengatasinya

Advertisement

Penyebab Bau Mulut – Bau mulut pada dunia medis sering di sebut halitosis yang sangat rentan di alami oleh siapa pun itu orang, entah dari anak kecil mau pun orang dewasa. Bagi setiap orang yang memiliki masalah pada tenggorokan atau mulut sudah pasti tidak mempunyai kepercayaan diri ketika di hadapkan dengan lawan bicara, karena mulut yang bermsalah tersebut dapat menimbulkan efek bau tidak sedap dan bisa membuat lawan bicara kita menjadi tidak nyaman. Penyebab bau mulut mempunyai berbagai macam ciri – ciri atau penyebabnya yang harus di tangani secara cepat agar penyebab bau mulut tersebut bisa di atasi dengan dan tidak menimbulkan kembali masalah pada mulut anda.

Advertisement

Contoh dari penyebab bau mulut biasanya gaya hidup yang kurang sehat, merokok, kurang rutin gosok gigi dan masih banyak yang lainya. Yang sering terjadi biasanya timbulnya bau mulut karena gigi berlubang, karena keadaan gigi berlubang dapat dengan cepat menimbun penyakit atau kuman penyebab bau mulut itu sendiri. Mungkin penyakit bau mulut bisa di atasi atau pun di cegah jika setiap orang memiliki kesadaran akan perawatan dengan baik seperti rutin – rutin chek up ke dokter, hal tersebut dapat membantu dan mencegah masalah pada mulut anda. terlebih jika terjadi pada anak – anak yang notabenya belum paham betul tentang merawat mulut dan gigi, peran dari orang tua disini sangat lah penting untuk menjaga kesehatan anak sendiri.

Meskipun pada jaman yang modern saat ini sudah sangat mudah menemumakan obat nafas bau atau obat bau mulut tradisional, tetapi jika kita merawat kesehatan badan, gigi dan mulut pada setiap hari mungkin akan lebih baik agar tidak timbul masalah pada diri anda sendiri. Penyebab bau mulut mungkin terdengar hanya masalah kecil dan tidak perlu di pikirkan, namun jika masalah kecil tersebut tidak di tangani dengan cepat akan menimbulkan bau mulut kronis dan menjerumus pada sulit untuk di sembuhkan, sebab kuman – kuman atau bakteri pada mulut anda akan berkembang biak dan sangat berdampak negative untuk kesehatan anda. maka dari itu kita harus menjaga kesehatan agar penyebab bau mulut tidak bersarang pada diri anda masing – masing.

Penyebab bau mulut memang bisa datang kapan saja jika seseorang tidak berhati – hati dalam menjaga pola hidup, makan atau minumanya. bagi beberapa orang yang memiliki masalah bau mulut sudah pasti akan merasakan kurang nyaman untuk berbicara, karena nafas yang kurang sedap pada orang tersebut dapat menggangu aktifitas sehari – hari, apa lagi jika anda dalam posisi pekerjaan yang mengharuskan berkomunikasi dengan berbicara secara langsung, hal tersebut pasti akan membuat patner anda merasa risih. Maka dari itu jaga lah diri anda sebaik mungkin untuk menghindari masalah – masalah yang tidak di inginkan, untuk yang penasaran apa saja penyebab bau mulut dan bagaimana cara mengatasinya, bisa anda baca pada penjelasan berikut :

Beberapa Penyebab Bau Mulut

Penyebab Bau Mulut

Advertisement

1.Sariawan

Sariawan

Peneybab bau mulut sering terjadi karena andanya bibir yang infeksi akibat kekeringan dan pembentukan nanah seperti sariawan ini, untuk masalah sariawan biasanya kurang asupan vitamin C. buah – buahan yang memiliki vitamin C seperti jeruk, lemon, manga dan belimbing bisa di jadikan obat alami untuk sariawan tersebut.

2.Telat Sarapan

Advertisement

Sarapan

Mungkin kegiatan sarapan terlihat sepele dan tidak akan menimbulkan penyebab bau mulut, namun perlu anda ketahui jika sarap tidak hanya akan menambah tenaga pada pagi hari, tetapi dapat meningkatkan reproduksi air liur serta dapat membersihkan lidah dari bakteri – bakteri penyebab bau mulut itu sendiri.

3.Alkohol

Alkohol

Bagi seseorang yang sering mengkonsumsi minuman beralkohol sudah di jamin akan memiliki bau mulut yang kurang sedap, karena kandungan dalam alkohol dapat mengeringkan kelenjar ludah dan kurangnya air liur yang sering kali bermanfaat untuk membersihkan bakteri pada rongga mulut.

4.Obat – Obatan

Obat

Berbagai obat – obatan yang sering di konsumsi seperti penghilang rasa sakit kepala, badan atau pun oragan lainya dan obat anti depresan tersebut sangat berpotensi menjadikan keadaan mulut anda menjadi mengering, jika sudah terjadi kekeringan dan tidak adanya air liur penyebab bau mulut ini akan meningkat.

5.Makanan

Makanan

Mungkin makanan tidak terlalu memberi dampak terjadinya penyebab bau mulut, namun jika makanan tersebut mengandung kaya akan protein akan membuat bau mulut muncul, sebab dari asam amino ini sangat berperan penting dalam berkembang biaknya bakteri pada mulut.

6.Pendarahan Gusi

Pendarahan Gusi

Keadaan gusi yang kurang baik seperti bengkak atau pun berdarah sering mengakibatkan penumpukan bekteri serta kuman penyebab bau mulut, hal tersebut bisa di atasi dengan berkumur menggunakan air yang sudah di campuri sedikit garam agar dapat menetralisir rongga pada mulut.

Untuk Mengatasinya Anda Bisa Baca : Cara Menghilangkan Bau Mulut

Penyebab bau mulut memang penyakit atau masalah yang sering kali mengganggu aktifitas serta kegiatan setiap orang, karena memiliki bau mulut yang kurang sedap akan menimbulkan efek negative pada pendertinya. Hal tersebut sudah pasti akan menjadikan kegiatan para penderitanya menjadi kurang fokus, maka dari itu mulai dari sekarang harap menjaga kesehatan diri masing – masing agar tidak terjadi masalah yang di inginkan. Mungkin penjelasan tentang penyebab bau mulut cukup sampai di sini saja, semoga apa yang kami berikan bisa bermanfaat bagi anda semuanya.

Advertisement