7 Masalah Terjadinya Penyebab Rambut Rontok Dan Cara Mengatasinya

Advertisement

Penyebab Rambut Rontok – Rambut rontok atau sering di sebut dalam Bahasa dokter alopesia ini adalah suatu pengurangan atau penurunan ketebalan rambut pada kulit kepala, penyebab rambut rontok tidak hanya di picu oleh penyakit yang di derita oleh orang tersebut, namun berbagai macam hal bisa menjadi penyebab rambut rontok. Contoh saja gaya hidup yang kurang sehat, stress, kurang asupan makanan bergizi dan masih banyak yang lainya. Rambut rontok tidak menjangkit hanya pada orang yang berusia lansia, namun kaum muda pun bisa terkena dampak rambut rontok, apa lagi jika para jiwa muda yang sering kali tidak memikirkan kesehatan diri sendiri sudah pasti masalah rambut rontok akan datang dengan sendirinya.

Advertisement

Penyebab rambut rontok memang sangat mengganggu bagi setiap orang, karena salah satu mahkota setiap orang terletak pada rambut, namun jika mahkota tersebut sudah terdapat masalah pasti akan membuat bebrapa orang menjadi kurang memiliki percaya diri. Penyebab rambut rontok pada wanita akhir – akhir ini sering terjadi, gaya hidup yang kurang sehat, keadaan lelah, stress akibat rutinitas setiap hari dapat memicu terjadinya rambut rontok. Banyak cara agar penyebab rambut rontok bisa di atasi, salah satunya dengan memakai vitamin untuk rambut rontok. Para wanita mungkin sudah sering melakukan berbagai macam hal agar bisa mengurangi kerontokan pada rambut seperti menggunakan obat rambut rontok parah.

Namun cara – cara tersebut belum mendapatkan hasil yang maksimal, dengan pemakaian obat – obatan malah akan menimbulkan penyebab rambut rontok semakin parah, karena setiap obat yang memiliki kandungan bahan kimia belum tentu cocok pada setiap orang, maka dari itu alangkah baiknya jika sudah terjadi kerontokan pada rambut anda harap chek up ke dokter agar lebih tahu penyebab rambut rontok dan bagaimana cara mengatasinya. Langkah yang paling ampuh adalah anda harus tahu terlebih dahulu penyebab rambut rontok pada diri sendiri, jika sudah paham dengan penyebabnya baru lah anda melangkah pada tahap mengatasi. Karena biasanya kebanyakan orang mengambil langkah utama yaitu mengatasi tetapi belum tahu penyebabnya.

Sebagian orang dewasa sudah pasti pernah mengalami yang namanya rambut rontok, tetapi kurang tahu akan penyebab rambut rontok tersebut. Mungkin beberapa kalangan menilai kalau masalah rambut rontok tidak akan memberi pengaruh atau dampak buruk pada orang tersebut, namun jika di lihat dari beberapa kasus rambut rontok, biasanya orang – orang tertentu memiliki masalah penyakit yang cukup parah seperti kanker atau leukemia. Tidak dapat di pungkiri kalau penyakit tersebut memang sering membuat kerontokan rambut yang parah, bahkan bisa menjurus kebotakan pada orang tersebut, maka dari itu mulai sejak dini kita harus menjaga kesehatan, pola makan serta gaya hidup agar terhindar dari masalah yang tidak di inginkan, untuk lebih tahu apa penyebab rambut rontok dan bagaimana cara mengatasinya, anda bisa baca pada penjelasan berikut ini :

Mengenali Penyebab Rambut Rontok

Penyebab Rambut Rontok

Advertisement

1.Trauma Atau Stres

Stres

Biasnya masalah kerjaan, percintaan atau keadaan setelah di tinggal orang yang di cintai dapat memicu terjadinya penyebab rambut rontok, karena keadaan banyak pikiran akan mengurangi daya dahan tubuh, daya pikir yang kurang stabil serta menurunya kesehatan sering membuat orang – orang tersebut mengalami kerontokan, maka jika anda mengalami hal tersebut bisa ambil langkah dengan mencari hiburan sendiri seperti jalan – jalan, pikinik dan hang out agar stress atau trauma sedikit demi sedikit bisa hilang dengan sendirinya.

2.Perubahan Hormon

Perubahan Hormon

Advertisement

Pada dasarnya penyebab rambut rontok dengan perubahan hormon sering terjadinya pada kaum wanita, sebab para wanita umunya akan di hadapakan dengan keadaan hamil, melahirkan atau wanita yang sudah memasuki fase haid. Kadar hormon biasanya di pengaruhi oleh kelenjar tiroid yang sering mengakibatkan para wanita tersebut sering mengalami kerontokan.

3.Penyakit Kulit Kepala

Penyakit Kulit Kepala

Umumnya keadan kulit kepala yang kurang sehat sering menjadikan penyebab rambut rontok muncul dengan sendirinya, kulit kepala yang tidak sehat biasanya sering menimbulkan radang yang membuat sebuah kondisi rambut sulit untuk tumbuh. Beberapa macam penyakit kulit kepala seperti ketombe, kudis dan psoriasis adalah salahsatu penyakit kulit kepala yang sering membuat rambut anda menjadi rontok.

4.Kurangnya Protein

Protein

Protein memang sangat di butuhkan oleh tubuh setiap orang, karena asupan protein bisa menambah tenaga bagi manusia. Jika tubuh kurang asupan protein akan mengakibatkan mengurangnya atau menghentikan pertumbuhan rambut itu sendiri serta membatasi tenaga bagi penggunanya.

5.Kemoterapi

Kemoterapi

Tidak dapat di pungkiri dan sudah bukan rahasia lagi jika sebuah metode terpapi bagi orang yang menyidap kanker sering menimbulkan masalah penyebab rambut rontok, dari efek yang di dapat dari metode terapi adalah membuat pertumbuhan rambut jadi mengurang dan dari sisi pertumbuhan tidak akan sama seperti fase awal sebelum melakukan terapi.

6.Perawatan

Perawatan

Sering terjadi pemakaian produk berbahan kimia yang berlebihan untuk rambut yang di lakukan para wanita umunya sering menimbulkan kerontokan, karena setiap produk bahan kimia memiliki kandungan zat yang belum tentu bisa mendapatkan kecocokan pada setiap orang, pemakaian vitamin rambut di tambah dengan catok sudah pasti akan membuat keadaan rambut meradang dan menimbulkan panas, maka dari itu bagi para wanita harap bisa mengurangi pemakaian hal – hal tersebut agar masalah kerontokan rambut tidak akan muncul pada diri anda.

7.Vitamin A

Vitamin A

Vitamin A memang terbukti memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, salah satunya adalag untuk kesehatan mata. Namun jika anda terlalu banyak mengkonsumsi vitamin A akan memberikan dampak yang kurang baik untuk tubuh, karena bisa menyebabkan kerontokan rambut dan kekeringan bibir. Untuk sekedar seran, lebih baik mengkonsumsi vitamin A tidak terlalu berlebih, secukupnya yang di perlukan saja.

Untuk Cara Mengatasinya Bisa Baca : Cara Mengatasi Rambut Rontok

Berbagai macam penjelasan tentang penyebab rambut rontok di atas mungkin bisa memberi gambaran bagi anda yang kurang paham akan masalah rambut rontok dan bisa menjadi pelajaran agar terhindar dari masalah rambut rontok, setiap orang sudah pasti tidak ingin memiliki masalah tersebut, sebab jika sudah terjadi kerontokan akan mengganggu siapa saja yang mengalami. Mungkin penjelasan tentang penyebab rambut rontok cukup sampai di sini, semoga apa yang kami berikan bisa bermanfaat untuk anda semuanya.

Advertisement