9 Cara Mengobati Kuku Rusak Karena Jamur Secara Alami

Loading...

Cara Mengobati Kuku Rusak Karena Jamur – Jamur kuku??? Merupakan sebuah bentuk infeksi jamur yang terjadi pada kuku tangan atau kaki. Atau bahasa dokternya lebih dikenal sebutan onkomikosis, kebanyakan jamur ini menyerang lansia atau sudah berumur. Gejala timbul sendiri jika tidak segera ditangani seperti kuku akan berwarna putih, coklat, kuning kemudian nantinya dapat menyebabkan kuku menjadi rentan untuk patah.

Sebelum terlanjur dan rentan terhadap tumbuhnya jamur pada kuku, anda dapat mengantisipasi atau mencegahnya menggunakan beberapa cara yaitu konsultasi dengan dokter.  Salah satunya yaitu dengan cara membersihkan kuku kaki setelah beraktivitas, tidak hanya obat dari dokter saja, rupanya mengobati kuku rusak karena jamur juga dapat anda lakukan gunakan bahan-bahan alami seperti bawang, dan mudah anda temukan di area rumah.

Bahan alami membuat kuku rusak dikarenakan jamur akan terasa efektif dan mudah teratasi. Karena jika menggunakan resep obat jamur dari dokter biasanya terdapat sebuah efek samping. Apapun resep obat pastinya memiliki efek samping, dan biasanya efek samping dari obat jamur dari dokter memiliki efek samping berupa pusing, sakit perut maupun masalah yang nantinya akan timbul pada kulit, seperti gatal dan merah-merah.

Namun jika akan mengobati kuku rusak karena jamur dengan resep obat maka dapat konsultasikan terlebih dahulu dengan doker spesialisnya. Hal ini untuk menghindari efek samping yang nantinya akan terjadi ketika sudah menggunakan obat tersebut. Beralih-alih mengobati kuku rusak justru anda mengalami hal tidak mengenakan seperti sudah disampaikan diatas diatas.

Cara Mengobati Kuku Rusak Karena Jamur Secara Alami

Cara Mengobati Kuku Rusak Karena Jamur Secara Alami

Namun sebelum berlanjut mengenai cara mengobati kuku tangan atau kaki rusak karena jamur secara alami anda wajib mengetahui terlebih dahulu penyebab dari tumbuhnya jamur kuku. Memang rasanya tidak sakit jika terkena jamur kuku, namun nantinya akan membuat kuku pada tangan anda mengalami kerusakan. Apa saja penyebab penyebab jamur kuku itu tumbuh, mari simak.

  • Usia
  • Kekebalan tubuh lemah
  • Memiliki banyak keringat
  • Lembab
  • Sirkulasi darah buruk
  • Mengalami luka pada kulit di sekitaran kuku

Memang banyak sekali cara dapat digunakan untuk mengobati kuku rusak karena jamur, salah satunya sudah dijelaskan tadi yaitu langsung saja konsultasikan pada dokter. Namun kali ini akan kami berikan cara mengobati kuku rusak menggunakan bahan-bahan alami :

1. Minyak zaitun

Minyak Zaitun

Zaitun memang memiliki banyak sekali khasiat dan ampuh untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Nah salah satunya yaitu untuk mengobati kuku rusak karena bakteri jamur. Banyak orang yang sudah percaya mengobati kuku rusak menggunakan minyak zaitun. Cara mengobatinya sendiri cukup mudah yaitu anda tinggal oleskan saja ke permukaan kuku yang terinfeksi atau rusak karena jamur.

2. Minyak Pohon Teh

Minyak Pohon Teh

Banyak digunakan di dunia kecantikan, jenis minyak ini juga sudah di percaya oleh banyak orang menggunakan untuk mengobati kuku rusak karena jamur. Caranya juga cukup mudah mengobati kuku rusak yaitu dengan celupkan kapas ke minyak pohon teh kemudian langsung oleskan ke bagian kuku yang rusak atau terinfeksi.

3. Minyak Lavender

Minyak Lavender

Terdapat kandungan antiseptik, menjadikan minyak lavender juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi jamur agar tidak terjadinya kerusakan pada kuku. Langkah mengobati dengan minyak lavender juga sangat mudah yaitu dengan cara mengambil kapas, lalu celupkan ke minyak lavender tersebut. Kemudian tempelkan pada kuku rusak atau terinfeksi, lalu diamkan selama 15 – 20 menit. Lakukan berulang untuk mendapat hasil yang memuaskan dan kuku akan aman dari jamur pembuat kuku rusak.

Loading...

4. Tepung Jagung

Tepung Jagung

Siapa sangka tepung jagung dapat digunakan untuk mengobati kuku rusak akibat jamur. Untuk caranya sendiri yaitu anda tinggal campurkan tepung jagung dengan air kemudian aduk merata kemudian diamkan terlebih dahulu selama beberapa menit. Setelah di diamkan beberapa menit anda dapat mulai merendamkan kuku selama 30 menitan. Jika sudah lakukan pembilasan menggunakan air bersih.

5. Obat Kumur

Obat Kumur

Biasa di gunakan untuk mengatasi masalah gigi dan bau mulut, obat kumur juga dapat digunakan juga untuk mengobati kuku rusak atau infeksi kuku. Mengandung beberapa zat aktif didalamnya, itulah yang membuat obat kumur dapat digunakan untuk mengobati kuku rusak karena jamur. Cara mengobatinya juga sangat mudah yaitu dengan mencampurkan air dengan obat kumur tersebut kedalam baskom kemudian rendam beberapa menit kuku anda.

6. Cuka Apel

Cuka Apel

Mudah di dapatkan, cuka rupanya juga sangat ampuh untuk mengobati kuku rusak di akibatkan oleh jamur. Caranya cukup mudah yaitu anda hanya mencampurkan cuka ini dengan air dengan perbandingan 1:2 di dalam wadah. Kemudian langsung rendam kuku yang rusak / terinfeksi sekitar 15 – 20 menit. Jika sudah bilas menggunakan air kemudian keringkan menggunakan handuk.

7. Baking Soda

Baking Soda

Baking soda memang banyak sekali manfaat. Salah satunya yaitu digunakan untuk mengobati kuku rusak/terinfeksi jamur. Caranya mudah anda hanya campurkan baking soda dengan air sampai menjadi bentuk pasta. Lalu langsung oleskan saja ke bagian kuku jari yang terinfeksi dan biarkan selama 15 menit sebelum nantinya di bilas. adapun cara lain yaitu dengan merendamkan kuku pada baskom berisi campuran air dan baking soda.

8. Bawang Putih

Bawang Putih

Selain digunakan sebagai bumbu untuk memasak oleh para ibu di rumah. Bawang putih juga dapat digunakan untuk mengobati kuku rusak / terinfeksi jamur. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencincangnya, kemudian langsung letakkan pada kuku yang terdapat jamurnya.

9. Konsultasi Dokter

Konsultasi Dokter

Jika semua cara diatas tidak berhasil dan masih terdapat jamur. Maka anda dapat lakukan konsultasi kepada dokter secara langsung, jika nantinya di beri obat atau salep maka gunakanlah secara rutin dan teratur sesuai anjuran dari dokter tersebut.

Sekedar catatan lakukan cara mengobati di atas secara rutin sebagai pencegahan timbulnya jamur semakin banyak dan juga selalu jaga kebersihan lingkungan atau lakukan cuci tangan dan kaki setelah selesai melakukan aktivitas.

Loading...