Penyebab Kuku Bergelombang dan Cara Pencegahan

Loading...

Penyebab Kuku Bergelombang – Memiliki kondisi kuku baik dan selalu tampil mempesona merupakan idaman dari semua wanita. Ada yang menambahkan kutek berwarna maupun motif sehingga menambah cantiknya jari-jemarinya. Namun sebelum memasang atau mewarnai menggunakan kutek supaya memiliki hasil yang sempurna rupanya kuku terlebih dahulu harus dalam kondisi baik serta tidak bergelombang.

Jika kuku kalian bergelombang pastinya agak sedikit sulit jika ingin diwarnai serta hasil kuteknya kurang memuaskan. Maka dari itu rawat atau selalu bersihkan kuku baik tangan atau kaki, supaya tidak memiliki kuku bergelombang. Cara membersihkan kuku kaki atau tangan sebenarnya cukup mudah, namun karena sibuk dan banyaknya aktivitas sehari-harinya yang akan membuat terkadang lupa bahkan tidak sempat untuk merawatnya.

Jika tidak dirawat atau diperhatikan pastinya kuku dapat terkena sebuah penyakit dan kuku anda nantinya akan mendapatkan masalah berarti. Masalah tersebut akan mengakibatkan kondisi kuku akan sedikit tidak enak dipandang serta sulit di warnai atau hias menggunakan kutek. Maka mulai dari sekarang jika ingin kukunya tidak bergelombang maka mulailah merawatnya secara benar.

Masalah akan timbul pada kuku, jika jarang merawatnya atau tidak sama sekali akan timbul munculnya  sebuah garis-garis putih di kuku dan menjadi salah satu penyebab kuku bergelombang. Hal itu tidak boleh dianggap biasa-biasa saja dan di acuhkan begitu saja. Maka dari itu tangani dengan benar jika ingin tidak terlanjur kuku tangan serta kaki bergelombang.

Penyebab Kuku Bergelombang yang Harus Diketahui

Penyebab Kuku Bergelombang yang Harus Diketahui

Nah jika tidak ingin memiliki kuku bergelombang maka ketahui penyebab serta juga efek cara pencegahannya. Oleh karena itu simak sampai akhir artikel ini agar anda mengetahui penyebab-penyebab kuku bergelombang. Untuk penyakit yang menyebabkan kuku bergelombang dalam dunia dokter sendiri menyebutnya dengan onikomikosis.

Penyebab Kuku Bergelombang

Penyebab Kuku Bergelombang

Jamur memang sangat senang tinggal dan berkembang biak pada tempat lembab serta kotor. Maka dari itu selalu jaga kondisi dari kuku agar selalu dalam kondisi bersih sehingga terhindarkan dari tumbuh nya jamur jahat tersebut penyebab kuku bergelombang. Selain itu penyebab kuku bergelombang juga dapat di pengaruhi oleh beberapa faktor berikut, seperti :

1. Faktor Usia

Usia??? Usia juga menjadi faktor penyebab dari kuku bergelembong. Seperti yang anda ketahui sendiri, apa saja yang ada didunia pastinya memiliki umur atau usia, tidak terkecuali dengan kuku manusia. Lambat laun pastinya akan muncul secara sendiri karena sudah memiliki usia cukup tua.

Loading...

2. Keturunan

Penyebab satu ini tidak bisa dielakan serta di rubah. Karena semuanya sudah ada dari orang tua kita dahulunya, penyebab ini hanya dapat dicegah menggunakan cara merawatnya supaya tidak bertambah parah gelombang yang ada pada kuku tangan dan kaki.

3. Kebersihan

Penyebab satu ini sangatlah cepat terjadinya gelombang pada kuku, jika anda jorok dan malas untuk membersihkan tangan dan kaki setelah melakukan berbagai aktivitas. Selain itu lingkungan juga sangat berpengaruh sekali terhadap tumbuhnya jamur dan bakteri penyebab kuku bergelombang. Maka dari itu selalu jaga kebersihan dari tempat tinggal juga sekitarnya.

4. Kontak Fisik

Penyebab berikutnya yaitu berkontak fisik dengan orang yang sedang terinteraksi jamur. Anda mengetahui sendiri  jamur tau bakteri akan menyebar secara cepat, sehingga hal ini menjadi salah satu yang harus dihindarkan.

Cara Pencegahan Kuku Bergelombang

Cara Pencegahan Kuku Bergelombang

Infeksi jamur pada kuku memang tidak memiliki rasa sakit begitu berarti. Walaupun tidak memiliki rasa sakit, jika anda tidak cepat melakukan pengobatan akan terjadi hal tidak diinginkan seperti timbulnya gelombang pada kuku. Nah ini dia beberapa cara mencegah kuku bergelombang:

  • Selalu cuci tangan dan kaki setelah melakukan berbagai aktivitas, hal ini agar membantu membunuh jamur atau bakteri penyebab dari kuku bergelombang.
  • Hindari menggunakan kaos kaki pada saat siang hari serta dalam kondisi panas, hal ini akan mengakibatkan kaki  lembab berkeringat, dimana keringat tersebut akan menjadi awal dari tumbuhnya jamur / bakteri.
  • Hindari menggunakan sepatu lembab maupun basah. Hal akan meminimalisir timbulnya sebuah jamur penyebab bergelombangnya kuku.
  • Selalu rajin dalam memotong kuku, serta langsung bersihkan menggunakan air bersih.
  • Tambahkan vitamin pada kuku dengan mengolesinya menggunakan minyak lavender sebagai pencegahan atau menjaga tumbuhnya jamur penyebab bergelombanya kuku anda.

Berikut beberapa penyebab kuku kaki dan tangan bergelombang serta cara pencegahannya. semoga informasi ini bermanfaat dan berguna untuk semua. Sekedar saran selalu menjaga kebersihan, baik dari kukunya maupun lingkungannya sehingga terhindar dari penyebab bakteri/jamur tumbuh.

Loading...