5 Ciri Penyebab Jerawat Batu Dan Cara Paling Ampuh Untuk Mengatasinya

Advertisement

Penyebab Jerawat Batu – Bagi setiap orang memiliki masalah pada kulit wajah seperti penyebab jerawat batu sudah pasti sangat mengganggu sebagian orang, karena jerawat mampu menjadikan penderitanya menjadi kurang percaya diri ketika tampil di depan umum. Dengan keadaan muka yang bermasalah tersebut, siapa saja yang mengalaminya akan minder jika bertemu dengan orang lain. Tidak bisa di pungkiri kalau kondisi wajah yang rusak akibat masalah penyebab jerawat batu yang di alami beberapa orang ini menjadikan banyak yang mencari jalan keluar agar masalah jerawat pada muka bisa di atasi. Salah satu yang paling sering di lakukan adalah memencet hingga keluar kotoran pada bagian jerawat itu sendiri, namun langkah tersebut tidak akan membuat masalah muka anda menjadi hilang justru malah makin bertambah.

Advertisement

Penyebab jerawat batu biasanya terjadi karena pola hidup kurang sehat, kurang rajin dalam membersihkan muka atau keadaan muka yang berminyak berlebihan. Keadaan tersebut sering kali menimbulkan jerawat batu kecil pada muka dan hidung. Meskipun jerawat itu masih dalam ukuran kecil namun untuk menghilangkanya cukup sulit, karena notabenya bagian – bagian kecil lebih tidak terlihat dan tidak mudah untuk di jangkau. Paling banyak masalah penyebab jerawat batu di pipi adalah salah dalam penggunaan produk kosmetik, sering terkena kotoran serta bisa juga makanan penyebab jerawat batu seperti kategori minyak, lemak dan yang lainya. Hal – hal tersebut yang membuat timbulnya penyebab jerawat batu pada muka.

Mengatasi Jerawat Lainya Bisa Anda Baca : Cara Menghilangkan Jerawat

Masalah seperti jerawat memang sudah umum terjadi pada hampir semua orang sudah mengalaminya, karena biasanya perubahan hormon orang tersebut yang memicu terjadinya penyebab jerawat batu. Orang atau anak yang sudah mengalami perubahan hormon akan mengalami beberapa masalah kulit antara lain kulit kering, berminyak dan salah satunya jerawat. Namun paling sering adalah dari faktor keturunan orang tua dan saudara kandung, mungkin jerawat di anggap masalah yang tidak membahayakan, tetapi jika sudah masuk dalam kategori jerawat batu itu bukan hal sepele lagi dan harus segara di tangani agar tidak menyebar keseluruh muka. Perawatan seperti facial bisa menjadi langkah utama agar penyebab jerawat batu bisa di atasi sedikit demi sedikit.

Pada umumnya penyebab jerawat batu ini memang sulit untuk di atasi, sebab membutuhkan kehati – hatian agat tidak menambah buruk masalah kulit muka. Sekali salah dalam mengatasi bisa menyebabkan penyebaran bakteri pada kulit wajah dan akan berdampak buruk bagi penderitanya, maka dari itu masalah seperti jerawat batu tidak bisa di anggap remeh serta harus cepat – cepat di atasi. Kenapa demikian ? karena penyebab jerawat batu mengandung nanah yang meradang sehingga dapat menimbulkan masalah berlebih pada kulit wajah anda, untuk lebih jelasnya apa saja penyebab jerawat batu dan bagaimana langkah – langkah agar dapat mengatasinya, bisa anda baca pada penjelasan berikut ini :

Advertisement

Penyebab Jerawat Batu Pada Kulit Wajah

Penyebab Jerawat Batu

1.Produk Kosmetik

Produk Kosmetik

Mungkin salah satu penyebab jerawat batu paling utama adalah penggunaan kosmetik yang berlebih dan tidak ada kecocokan pada kulit wajah, biasanya setelah pemakaian produk kosmetik yang tidak di bersihkan akan menimbulkan kotoran penyebab jerawat. Tidak dapat di pungkiri kalau kosmetik yang notabenya berbahan kimia serta memiliki kandungan minyak berlebih dapat menimbulkan masalah pada kulit wajah anda.

2.Terpapar Sinar Matahari

Sinar Matahari

Bagi setiap orang yang sering melakukan kegiatan sehari – harinya dalam kerja lapangan sudah pasti sering terkena sinar matahari, salah satu penyebab jerawat batu adalah paparan sinar matahari ini. bagian wajah yang terkena sinar matahri dalam jangka waktu yang cukup lama bisa menimbulkan masalah kulit seperti kering, berminyak dan jerawat.

3.Sel Kulit Mati

Sel Kulit Mati

Lambatnya pertumbuhan regenerasi kulit wajah bisa menjadi salah satu penyebab jerawat batu, mungkin masalah sel kulit mati ini sering terjadi pada orang yang berusia dewasa dari pria atau pun wanita. pada usia tersebut memang bisa terjadi pada siapa saja yang mengalami sel kulit mati, karena tidak adanya kesadaran bagi orang – orang tersebut untuk merawat kulit wajah.

Advertisement

4.Makanan

Makanan

Mungkin sebagian orang tidak menyadari bahwa asupan makanan yang tidak bergizi dan tidak memiliki vitamin dapat menimbulkan penyebab jerawat batu, makanan yang memiliki kandungan kabrohidrat sedikit seperti roti putih, nasi, mie atau makanan yang berminyak contohnya gorengan adalah beberapa makanan yang dapat menimbulkan masalah pada kulit wajah.

5.Kurang Pembersihan

Pembersihan

Penyebab jerawat batu paling umum adalah kurangnya pembersihan pada kulit wajah setiap harinya, contoh saja noda make up, terkena kotoran atau debu. Hal – hal tersebut bisa menutup pori – pori kulit wajah dan menyebabkan penumpukan bakteri yang dapat menginfeksi kulit serta dapat menimbulkan berbagai macam masalah kulit terutam jerawat.

Cara Mengatasi Penyebab Jerawat Batu

1.Belimbing Wuluh

Belimbing Wuluh

  • Siapkan belimbing wuluh 3 biji yang masih segar
  • Haluskan buah belimbing wuluh
  • Setelah halus campurkan dengan sedikit garam dan aduk hingga tercampur rata
  • Kemudian oleskan pada kulit wajah
  • Tunggu hingga beberapa menit dan bilas dengan air hangat

2.Daun Pepaya

Daun Pepaya

  • Ambil dua sampai tiga buah daun pepaya
  • Keringkan terlebih dahulu kurang lebih 5 menit di bawah sinar matahari
  • Tumbu daun pepaya yang sudah di keringkan
  • Campur dengan sedikit air hingga berbentuk pasta
  • Setelah itu gunakan tumbukan daun pepaya sebagai masker wajah
  • Diamkan hingga beberapa menit lalu bilas dengan air hangat

3.Daun Jambu Biji

Daun Jambu Biji

  • Siapkan daun jambu biji kurang lebih 25 lembar
  • Cuci bersih terlebih dahulu
  • Lalu masukan dalam air dan peras hingga air tersebut terlihat berubah warna
  • Gunakan air perasan itu untuk di oleskan pada kulit wajah
  • Diamkan hingga 5 menit dan bilas dengan air hangat

4.Lidah Buaya

Lidah Buaya

  • Siapkan 1 lidah buaya
  • Potong hingga menjadi dua bagian
  • Ambil bagian daging lidah buaya
  • Lalu langsung oleskan pada kulit wajah
  • Setelah di rasa kering kemudian bilas menggunakan air hangat

5.Jeruk Dan Kunyit

Jeruk Dan Kunyit

  • Pertama ambil kunyit secukupnya lalau tumbuk hingga halus
  • Setalah kunyit halus campurkan dengan air pearasan jeruk tersebut
  • Aduk hingga tercampur rata
  • Kemudian oleskan pada seluruh kulit wajah
  • Diamkan selama 15 menit
  • Kemudian bilas dengan air hangat

Bebagai penjelasan tentang penyebab jerawat batu dan cara mengatasi di atas tadi bisa menjadi referensi bagi setiap orang yang sedang mengalami masalah kulit wajah seperti jerawat batu. Langkah – langkah yang simple serta menggunakan bahan alami yang bisa di dapatkan dengan mudah sudah pasti bukan menjadi penghalang untuk beberapa orang agar memiliki kulit wajah yang bersih. Mungkin penjelasan tentang penyebab jerawat batu cukup sampai di sini saja, semoga apa yang kami berikan bisa bermanfaat untuk anda semuanya.

Advertisement